SEKOLAH TINGGI PARIWISATA TRIATMA JAYA

SEKOLAH TINGGI PARIWISATA

“STIPAR TRIATMA JAYA”

Didirikan tanggal : 2 Mei 1998

 

 

Pariwisata adalah industri yang terus menerus berkembang dengan tingkat pertumbuhan global sebesar 4,40% setiap tahun. Pertumbuhan pariwisata di Indonesia selalu di atas pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan melebihi perkembangan pariwisata dunia. Demikian pula Bali adalah daerah tujuan wisata internasional dengan tingkat pertumbuhan wisatawan manca negara yang mencapai 20,00% - 25,00% setiap tahunnya.

 Kondisi ini sungguh menggembirakan, dengan berkembangnya pariwisata global dan tanah air tentunya membutuhkan tenaga-tenaga profesional mulai level crew sampai dengan managerial. Oleh karenanya STIPAR Triatma Jaya hadir untuk menyiapkan sumber daya manusia di bidang perhotelan dan pariwisata yang kompeten, kreatif, berjiwa wira usaha, menguasai iptek dan berakhlak mulia.

 Keunggulan STIPAR Triatma Jaya terletak pada jiwa pengabdian yang tinggi dari segenap civitas akademika kepada dunia pariwisata, dengan mendukung konsep sustainable tourismdevelopment. Keunggulan lain yang tidak kalah penting adalah sarana, prasarana, dan fasilitas pembelajaran bertaraf internasional, dengan kurikulum berbasis kompetensi serta metode pembelajaran yang mengarah pada student center learning.

 STIPAR Triatma Jaya, yang dahulu dikenal dengan AKPAR Triatma Jaya, sampai saat ini sudah menghasilkan ribuan lulusan yang bekerja di industri pariwisata, seperti : kapal pesiar, hotel, restaurant, biro perjalanan wisata dan pramuwisata baik di dalam maupun luar negeri. Dengan komposisi dosen saat ini 90,25% berpendidikan S2 dan pengalaman di industri hospitality merupakan jaminan untuk menghasilkan kualitas lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

 STIPAR Triatma Jaya memiliki lokasi yang strategis, hanya 15 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai, dan 5 Menit dari terminal Ubung. Jalan masuk ke STIPAR Triatma Jaya dapat melalui Jl.Gatot Subroto Barat dan Jalan Raya Padang Luwih (sebelah barat PUSPEM Kab. Badung) Ruangan kelas yang nyaman dengan pendingin ruangan, laboratorium: front office, housekeeping, kitchen dan restaurant,tour and travel, language center,computer. Auditorium dengan kapasitas total 200 orang, ruang pertemuan dengan kapasitas 100 orang, serta koneksi internet wifi dengan kecepatan 10 MBPS. Terdapat banyak pemondokan sekitar kampus dengan radius 1 Km, sekitar 500 kamar, yang dikelola masyarakat sekitar kampus STIPAR Triatma Jaya Biaya hidup untuk mahasiswa pada kisaran Rp.1.200.000,- perbulan, yang meliputi biaya makan dan minum, dan pemondokan. Mahasiswa tidak perlu membeli buku perkuliahan dan seragam karena sudah disediakan kampus STIPAR Triatma Jaya. Alat transportasi menuju kampus menggunakan kendaraan pribadi, atau taxi. Budaya kampus yang dimiliki adalah Seni Tari, Seni Suara, dan Seni Kuliner.

 Prestasi Stipar Triatma Jaya adalah Juara II Kompetisi basket wilayah Bali, dalam SURYA Pro,Agustus, 2009, Juara I kompetisi basket wilayah Bali, dalam STIKOM CUP I, 2010, The Best Trainee, Grand Hyatt Bali, 2010, Juara I Flair Bartending , wilayah Bali, dalam “The 2011 Bali TV Flair Bartending Championship 2012: STAR WAR”, 2012, 10 besar FLAIR BARTENDING tingkat Asia, dalam “ Flair and Bartending Championship 2012 : STARWAR”.

Kerjasama dan MoU dengan Stenden University, Problem Based Learning; Gordon Tafe Australia, Pelatihan Pengembangan Dosen; Lsp Pariwisata Indonesia, Pelatihan Asesor Kompetensi; Discovery Kartika Plaza Hotel, Pengembangan Dosen Praktek Perhotelan; Club Mediteranee Tanjung Benoa Nusa Dua, Pengembangan Dosen Praktek Perhotelan; Costa Crociere, Praktek Kerjanyata Mahasiswa; Princess Cruise, Penyaluran Tenaga Kerja; Mapindo, Penyuluhan Perhotelan Dan Pariwisata; Mawar Saron, Pelatihan Staff; dan Desa Adat Bongkasa, Pengembangan Desa Wisata.

Affiliated Links